Saturday, December 9, 2017

Service Quality

Halo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian kualitas service dan juga saya akan menceritakan sedikit tentang pengalaman kurang menyenangkan yang saya dapat ketika berada di kantor imigrasi. Untuk lengkapnya yuk kita simak lebih lanjut di bawah ini...


Pertama-tama apa itu service (pelayanan)?
pengertian pelayanan dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, pelayanan adalah menolong menyediakan segala apa yang diperlukan orang lain seperti tamu atau pembeli. Nah dari pengertian tersebut kita dapat mengetahui arti dan maksud dari service (pelayanan), tetapi saya pernah mendapat pengalaman yang kurang menyenangkan dari petugas imigrasi pada saat itu.


Petugas imigrasi seharusnya bersikap ramah dan bersedia menolong kapanpun dibutuhkan, tetapi saya tidak mendapat pelayanan yang cukup ramah. Jadi, pada waktu saya sampai di imigrasi saya masuk ke ruang tunggu lalu saya bertanya apa yang harus saya lakukan, apakah saya harus mengambil nomor antrian atau hanya menunggu, tetapi bukannya mendapat jawaban dari pertanyaan yang saya ajukan, saya hanya disuruh duduk dan menunggu. setelah setengah jam berlalu saya kembali bertanya tapi tidak dihiraukan. Lalu setelah menunggu beberapa saat saya kembali bertanya dengan nada sedikit meninggi, barulah ia mengantarkan saya untuk bertemu dengan petugas imigrasi. Ketika sudah bertemu dengan petugas tersebut, ia memberitahu saya untuk melakukan sesuatu tetapi saya kurang mendengar yang ia katakan, jadi saya minta tolong agar ia mengulangi perkataannya, tetapi petugas tersebut hanya diam saja dan langsung mengambil map yang berisi surat-surat kelengkapan yang saya bawa untuk membuat paspor karena saya meletakannya diatas meja petugas tersebut. Lalu ia pun mengembalikan map saya dan memberikan nomor antrian tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Seharusnya petugas imigrasi tersebut dapat bersikap ramah dan memberikan pelayanan dengan sigap. Mereka juga seharusnya langsung menjawab pertanyaan yang diajukan dengan baik serta bersikap sopan terhadap orang yang mereka layani.

Jika kita sebagai masyarakat diberikan pelayanan dengan baik, ramah dan sopan, kita tentu akan merasa puas.

Sekian dari tulisan blog saya pada kesempatan kali ini. 
Semoga bermanfaat!!!

No comments:

Post a Comment

Customer Complain

Halo teman-teman, service quality sangat penting dalam dunia kepariwisataan. Saat kita memberikan service yang baik maka customer yang kita ...