Saturday, September 23, 2017

Potensi dan Kompetensi

Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Untuk Mendukung Pariwisata Indonesia

Halo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang potensi dan kompetensi dalam masyarakat guna meningkatkan pariwisata di Indonesia. Negara Indonesia dikenal memiliki keindahan alam sangat indah, bahkan keindahan alamnya tidak dapat disaingi oleh negara lain. Hal inilah yang menjadikan banyak wisatawan lokal maupun asing tertarik untuk datang dan menikmati keindahan Indonesia. Untuk tetap menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata yang menarik maka perlu adanya pengembangan-pengembangan baik untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia maupun tempat sekitar daerah wisata. Jadi, bagaimanakah cara meningkatkannya ? Yukk lihat info lengkapnya dibawah ini...


Pertama-tama apa artinya potensi dan kompetensi?

Potensi adalah kemampuan atau kekuatan dasar yang dimiliki oleh setiap individu atau kelompok yang memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut sehingga potensi perlu dikelola secara maksimal.

Kompetensi adalah faktor mendasar yang dimiliki seseorang yang membuatnya berbeda dengan orang lain, kompetensi juga merupakan kemampuan kerja yang ada pada setiap individu atau kelompok untuk melakukan suatu tugas.



Nah, setelah mengetahui pegertian potensi dan kompetensi kita menjadi tau bahwa manusia merupakan sumber daya yang sangat penting dalam dunia pariwisata. SDM dibutuhkan dalam kegiatan kepariwisataan untuk melayani, memenuhi kebutuhan dan mewujudkan terciptanya kepuasan wisatawan. Di Indonesia sendiri masih banyak potensi wisata yang belum dikembangkan dengan maksimal, yang salah satu penyebabnya adalah sumber daya manusia yang masih kurang berkompeten. 

Terdapat 3 hal penting yang menjadi dasar dalam pengembangan kompetensi yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap.




Jadi dari uraian yang sudah kita bahas diatas, untuk dapat meningkatkan kompetensi masyarakat Indonesia dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Meningkatkan kualitas pendidikan 
2. Memberikan pelatihan yang tepat
3. Melakukan pengembangan SDM yang berkaitan dengan pengembangan sikap, perilaku dan sopan santun
4. Menyediakan sarana, prasarana dan teknologi penunjang
5. Memberikan peluang kerja kepada masyarakat
6. Mendorong masyarakat agar mau terlibat secara aktif dalam pengembangan pariwisata
7. Menanamkan pengetahuan tentang tata cara dalam memberikan pelayanan

Sekian dari tulisan saya.
Semoga bermanfaat!!

Refrensi :
1. http://www.indonesiastudent.com/pengertian-potensi-menurut-para-ahli/
2. http://www.spengetahuan.com/2017/06/15-pengertian-kompetensi-menurut-para-ahli-jenis-manfaat-lengkap.html
3.https://uniangajo.wordpress.com/2014/11/07/sumber-daya-manusia-pariwisata/

No comments:

Post a Comment

Customer Complain

Halo teman-teman, service quality sangat penting dalam dunia kepariwisataan. Saat kita memberikan service yang baik maka customer yang kita ...