Hubungan Psikologi Pelayanan dengan Pariwisata
Halo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang psikologi pelayanan dengan pariwisata. Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan merupakan salah satu usaha di bidang jasa. Setiap kegiatan dalam pariwisata pasti membutuhkan pekerja yang dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik karena dengan begitu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan yang dilayani. Pelayanan yang baik bisa dilakukan dengan mempelajari ilmu psikologi. Nah untuk lengkapnya, yukk kita lihat bahasannya dibawah ini.
Psikologi diambil dari kata Physce yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu pengetahuan, adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang bertujuan untuk memahami perilaku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Ilmu psikologi sangat berguna dalam dunia pariwisata karena dengan begitu kita dapat memprediksi, memahami dan mengubah perilaku sesorang sehingga dapat mempermudah kita dalam memberikan pelayanan dan meminimalisir kesalahan dalam memberikan pelayanan kepada seseorang yang tentunya memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.
Psikologi diambil dari kata Physce yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu pengetahuan, adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang bertujuan untuk memahami perilaku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Ilmu psikologi sangat berguna dalam dunia pariwisata karena dengan begitu kita dapat memprediksi, memahami dan mengubah perilaku sesorang sehingga dapat mempermudah kita dalam memberikan pelayanan dan meminimalisir kesalahan dalam memberikan pelayanan kepada seseorang yang tentunya memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.
Pelayanan adalah segala usaha yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan orang lain (pelanggan/ tamu/ klien/ nasabah/ pasien/ para petugas/ karyawan/ pegawai. Mendapatkan pelayanan terbaik merupakan keinginan semua pelanggan karena dengan begitu mereka akan merasa nyaman, puas dan dapat juga menumbuhkan kepercayaan serta loyalitas. Contoh dari pelayanan seperti bersikap ramah, menjaga tutur kata, hormat, penuh perhatian, mencermati keinginan pelanggan dan lain-lain.
Psikologi pelayanan adalah ilmu yang mempelajari aktifitas manusia baik sikap maupun perilakunya dalam mengembangkan diri untuk menjadi profesional dalam bidang pelayanan serta melakukan pelayanan untuk pemenuhan kebutuhan. Psikologi dan pelayanan saling berkaitan karena tanpa mempelajari ilmu psikologi, pelayanan tidak akan berjalan dengan maksimal.
Manfaat mempelajari psikologi pelayanan adalah kita menjadi saling memahami antar sesama manusia karena kita merupakan mahluk sosial yang membutuhkan orang lain, membantu mengembangkan diri setelah mengerti kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan membantu kita dalam menyesuaikan diri dengan oranglain yang memiiki sifat dan karakter yang berbeda-beda.
Nah dari penjelasan-penjelasan diatas, kita tentu menjadi mengerti hubungan antara psikologi dan pelayanan serta mengapa psikologi pelayanan sangat dibutuhkan dalam dunia pariwisata karena pada dasarnya setiap manusia membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Untuk memberikan pelayanan terbaik kita harus dapat memahami sifat dan karakter yang berbeda-beda dalam diri setiap orang sehingga kita dapat menanggapinya dengan cara yang tepat pula.
Sekian dari tulisan blog saya pada kesempatan kali ini.
Semoga bermanfaat!! Terima kasih...
No comments:
Post a Comment